Profil MI Pancasila

A.   Identitas  madrasah

Nama  Madrasah             :   MI  PANCASILA
S t a t u s                          :   Terakreditasi  “ A “
A l a m a t                         :   Jln.  S. Parman  Gg. IV  Desa Modopuro
Kecamatan                        :   Mojosari
Kabupaten                         :   Mojokerto
Kode  Pos                         :   6 1 3 8 2
Waktu  Belajar                   :   Pagi
Tahun  Pendirian              :   1 9 5 9
Nomor Ijin Pendirian         :   M.14/08/I/III.C/1975
N  S  M                              :   1 1 1 2 3 5 1 6 0 0 7 2
NPSN                                 :  6 0 7 1 7 2 5 5
Yayasan  Penyelenggara   :   AL  IHSAN

B.   Sejarah  Singkat  Berdirinya  Madrasah

     Madrasah Ibtidaiyah “PANCASILA” Modopuro Mojosari Mojokerto dan lembaga pendidikan sejenis lainnya, biasanya didirikan oleh sekelompok masyarakat atau bahkan individu dalam masyarakat yang mempunyai kepedulian pada pendidikan agama di lingkungannya. Hal demikian karena jenis pendidikan ini biasanya didirikan karena tuntutan dari masyarakat terhadap kebutuhan pendidikan yang direspon oleh sekelompok atau individu dalam lingkungan mereka tinggal. Maka dalam praktik pelaksanaannya lembaga pendidikan jenis ini lebih mengutamakan praktik pendidikan daripada legalitas formal, sehingga dalam sejarah lembaga pendidikan madrasah umumnya terbagi menjadi dua; yaitu Pra Legalitas Formal dan Pasca Legalitas Formal.
Begitu pula Madrasah Ibtidaiyah “PANCASILA” Modopuro Mojosari Mojokerto, dalam lembaga inipun mempunyai sejarah yang terbagi menjadi dua; yaitu Pra Legalitas Formal dan Pasca Legalitas Formal. Berikut akan dijelaskan masing-masing secara berurutan.

1.      Pra  Legalitas  Formal
     Diawali tahun 1957 ketika tuntutan masyarakat Modopuro begitu kuat akan didirikannya Lembaga Pendidikan Islam yang memberi porsi pendidikan agama lengkap ditangkap oleh sekelompok individu yang peduli akan pendidikan masyarakat, kemudian berdirilah Lembaga Pendidikan Non Formal dengan sistem Diniyah dengan musholla sebagai tempat pendidikannya.
     Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam seperti yang diharapkan masyarakat benar-benar mendapat respon yang luar biasa, sehingga dalam kurun waktu dua tahun lembaga pendidikan ini sudah mempunyai siswa yang luar biasa jumlahnya. Dan dalam tahun 1959,- dua tahun setelah lembaga pendidikan sistem diniyah berjalan, masyarakat mengharapkan lembaga pendidikan ini menjadi lembaga Pendidikan Formal.
     Proses menjadi Madrasah Formal ternyata tidak mudah karena birokrasi di Pemerintahan Desa Modopuro pada saat itu cenderung sekuler,- melarang didirikannya Lembaga Pendidikan Islam. Hal demikian karena mereka menganggap bahwa berdirinya lembaga pendidikan berbasis agama akan memancing sparatisme.
     Usaha panjang, proses diskusi dengan birokrasi desa akhirnya membuahkan hasil dengan disepakati berdirinya lembaga Pendidikan Islam dengan nama Madrasah Ibtidaiyah “PANCASILA” dan tidak menggunakan nama-nama islam seperti lembaga sejenis di daerah lain.
Pada awal berdirinya Lembaga Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Modopuro Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto mempunyai tiga orang guru dan satu Kepala Madrasah, yaitu Bapak  Ichwan Fauzi.

2.      Pasca Legalitas Formal
     Setelah Madrasah Ibtidaiyah “PANCASILA” Modopuro Mojosari Mojokerto menjadi lembaga formal dengan Bapak M. Ichwan Fauzi sebagai kepala madrasah, perkembangan Madrasah Ibtidaiyah Pancasila semakin pesat, baik dari jumlah siswa maupun kualitas pendidikannya sehingga pada tahun 1966 Departemen Agama Kabupaten Mojokerto memperbantukan dua orang guru negeri, yaitu Ibu Dhoni’ah dan Ibu Jumaiyah. Bahkan tahun berikutnya 1967 ditambah dua orang lagi, Ibu Asrifah dan Bapak Istamar.
     Pada tahun 1967, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelaksanaan pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Modopuro Mojosari Mojokerto membangun sarana pendidikan berupa gedung diatas tanah wakaf berukuran 270 m2. Disamping itu, pada tahun itu pula mulai didirikan Yayasan Pendidikan Islam Al-Ihsan yang akan menopang perjalanan Madrasah Ibtidaiyah Pancasila Modopuro Mojosari Mojokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon saran dan masukan dari pembaca